Thursday, April 15, 2010

Running Test Ubuntu Lucid Lynx

Di bulan April ini, tepatnya pada tanggal 29 April 2010 akan dirilis ubuntu 10.04, release terbaru dan termutakhir. Namun sebelumnya, Ubuntu 10.04 telah di-release dengan label development release alpha, beta1, dan Beta2. Pada tanggal 22 April nanti akan mencapai Release Candidate.

(Klik saja untuk ukuran yg lebih besar)

Namun di warnet kami ini, Ubuntu 10.04 telah kami test pada satu komputer operator, dua komputer client, dan satu komputer Server DNS+squid proxy. Alhamdulillah so far so good.

Beberapa improvement yang kami peroleh :
Waktu booting yang sedikit lebih cepat. Waktu bervariasi antara 15 - 20 detik, tergantung jenis hardisk yang anda gunakan. Untuk proses booting yang lebih cepat gunakan hardisk SATA atau SSD.

boot screen Ubuntu 10.04


Resolusi layar yang lebih baik. Baik untuk sistem graphis INTEL, NVIDIA, atau ATI. Namun, Sementara waktu untuk VIA dan SIS sepertinya mesti melalui beberapa tahap setting manual untuk mendapatkan settingan maksimal. Tapi untungnya semua client warnet kami menggunakan platform sistem INTEL.

Performance yang lebih baik. Dari pantauan, kami dapatkan adanya peningkatan performa sekitar 5-15% jika dibanding dengan rilis 9.10 sebelumnya. Performa terbaik dapat anda dapatkan dengan menggunakan harware yang middle-end (processor core 2 duo dan memory min. 1 GB).

Penampilan yang baru dan lebih fresh. Dengan mengusung Gnome 2.30, serta themes light, memperlihatkan penampilan menarik sebuah distro linux.

Tampilan Ubuntu 10.04 per 16 April update (Klik saja untuk ukuran yg lebih besar)

Jika anda sudah tidak sabar ingin mencobanya, bisa dilakukan dengan mendownload ISO file terbaru di
http://cdimages.ubuntu.com/daily-live/current/. Lalu ISO tersebut anda buka di software CD/DVD burning (seperti nero atau brasero), dan di bakar ke CD. atau anda bisa convert ke flash disk dengan menggunakan USB Startup Disk Creator. Lalu setting boot ke USB pada saat booting.

USB Startup Disk Creator

No comments:

Post a Comment